Siklus Hidup ITIL
Service Strategy
Merupakan iterasi pertama dalam siklus layanan ITIL, pada tahap service
strategy dibuat perencanaan terhadap layanan. Membangun kebijakan bagi layanan
baru yang berisi tujuan dan anggaran biaya layanan, membuat portofolio layanan
yang berisi rincian dari layanan TI yang dikembangkan dan kontrak terhadap
layanan TI yang akan dibangun. Proses-proses yang dilakukan pada iterasi
service strategy sebagai berikut:
1. Manajemen Strategi
bagi Layanan TI
Tujuan dari proses ini
adalah membangun strategi bagi layanan TI yang akan dikembangkan meliputi
penawaran penyediaan layanan, kemampuan dan potensi perkembangan layanan TI.
Proses ini juga bertanggung jawab guna memastikan pelaksanaan strategi.
2. Manajemen Portofolio
Layanan (Service Portofolio Management)
Tujuan dari proses ini
adalah mengelola portofolio layanan, memastikan layanan yang dibangaun sesuai
dengan kebutuhan bisnis dan investasi layanan.
3. Manajemen Permintaan /
Kebutuhan
Tujuan dari proses ini
adalah melakukan identifikasi terhadap permintaan dan kebutuhan layanan serta
menentukan kapasitas layanan untuk memenuhi permintaan.
4. Manajemen Keuangan
bagi Layanan TI
Tujuan dari proses ini
adalah untuk mengelola finansial penyedia layanan, mengelola proses akutansi
dan keuntungan layanan.
5. Manajemen Hubungan
Bisnis
Tujuan dari proses ini
adalah untuk membangun hubungan positif dengan pelanggan dan mengidentifikasi
kebutuhan pelanggan yang potensial sehingga dapat menyediakan layanan yang
sesuai dengan kebutuhan pelanggan.
Referensi :
- Cartlidge, A., Hanna, A., Rudd,
C., Macfarlane, I., Windebank, J., & Rance, S. (2007). A high-level
overview of the IT INFRASTRUCTURE LIBRARY. An Introductory Overview of
ITIL® V3, 1(1). Ditemukenali 13 Maret 2013, dari http://www.best-management-practice.com/gempdf/itsmf_an_
introductory_overview_of_itil_v3.pdf
- Orand, B. (2011). Foundation of IT
Service Management with ITIL 2011. USA: ITILYaBrady.
- Rinjani, Muhammad Angga. (2013).
Implementasi Problem Management berdasarkan framework ITIL versi 3 (studi
kasus BISKOM UAD). Skripsi, Program Studi Sistem Informasi, Universitas
Ahmad Dahlan, Yogyakarta
- http://www.itil-officialsite.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar