Sabtu, 25 Maret 2017

Macam-Macam Software untuk Membuat Animasi

Di artikel sebelumnya saya sudah banyak membahas tentang pernak-pernik animasi. Mulai dari definisi animasi, sejarah animasi, hingga yang terakhir adalah jenis-jenis animasi.
Artikel saya kali ini akan membahas tentang macam-macam software yang biasa digunakan orang-orang untuk membuat animasi, karena animasi terbagi menjadi 2 macam (animasi 2 dimensi & animasi 3 dimensi) maka software yang digunakanpun tentu berbeda, yuk mari kita simak..

1. Animasi untuk 2 Dimensi

Software animasi 2 dimensi adalah software yang bisa dibilang software untuk membuat animasi tradisional, karena software ini adalah sebagai alat pembuat animasi yang bisa dibilang sudah "jadul", berikut diantaranya ...

  • Plastic Animation Paper
Plastic Animation Paper merupakan aplikasi sederhana, efektif dan salah satu yang terbaik untuk membuat animasi 2D atau kartun di 2D. Banyak kartun 2D yang dibuat dengan menggunakan aplikasi ini.
Plastic Animation mempunyai banyak fitur diantaranya dapat menggambar area, menyisipkan gambar berwarna, menyeting frame rate, fitur zoom , menambahkan musik, dll. Plastic Animation dapat menyimpan animasi dalam gambar dan file video dengan format populer, seperti: GIF, PNG, TIFF, AVI, TGA, dan lain-lain.
  • Pencil
Pencil merupakan perangkat lunak yang memungkinkan kamu membuat animasi 2D dengan mudah menggunakan beberapa alat dan fitur sederhana. 
Kumpulan Aplikasi Gratis untuk membuat Animasi sendiri
Aplikasi Pencil beberapa fitur utamanya adalah: mengatur frame rate, impor gambar , impor suara , menyisipkan warna, dll. Pencil dapat mengekspor hasil animasi dengan format SWF (Flash Video), X Sheet, Movie, dll. Pencil juga merupakan aplikasi open source, portabel dan multi-platform seperti Mac, Linux dan OS lainnya.
  • Synfig Studio
Synfig Studio merupakan software animasi 2D gratis dengan banyak fitur berkualitas. Aplikasi ini mempunyai tampilan utamanya yang dibagi menjadi empat jendela yang berbeda antara lain : tools window, navigator window, editing window, dan parameters window.
Kumpulan Aplikasi Gratis untuk membuat Animasi sendiri
Aplikasi ini sangat efekstif untu membuat animasi bergerak 2D dan film berkualitas tinggi . Synfig Studio juga merupakan aplikasi open source dan multi-platform yang tersedia untuk Windows, Mac OS dan Linux juga.
  • Tupi Open 2D Magic
Tupi Open 2D Magic adalah program animasi 2D yang mempunyai banyak fitur yang berguna untuk membuat animasi 2D.
Kumpulan Aplikasi Gratis untuk membuat Animasi sendiri
Kelebihan dan keunggulan Tupi Open 2D Magic dapat mengekspor animasi untuk berbagai gambar dan file video seperti: Flash video, MPG, AVI, PNG array, JPG array dll. Tupi Open 2D Magic merupakan aplikasi berkualitas, aplikasi ini juga multi-platform seperti Windows, Linux, Mac OS dan lainnya.
  • Vectorian Giotto
Vectorian Giotto adalah perangkat lunak yang efektif dan kaya fitur untuk menciptakan animasi flash 2D yang kompleks. Aplikasi  memiliki ukuran yang cukup kecil dengan file setup hanya sekitar 8 MB.
Kumpulan Aplikasi Gratis untuk membuat Animasi sendiri
Vectorian Giotto menyediakan beberapa alat yang sangat berguna, efek dan fitur untuk membuat animasi. Beberapa alat yang disediakan antara lain : shapes, pencil, brush, text tool, eye dropper, dll juga dapat menyisipkan gambar, suara, adegan, waktu, dll dalam animasi.

2. Animasi untuk 3 Dimensi

Animasi 3 Dimensi adalah animasi yang sudah sering kita jumpai di berbagai bioskop ataupun televisi di rumah kita, berikut software-software yang sering digunakan untuk membuat animasi 3D..
  • Autodesk Maya
Hasil gambar untuk aplikasi autodesk maya
Maya adalah sebuah perangkat lunak grafik komputer 3D dibuat oleh Alias Systems Corporation (Diakuisisi oleh Autodesk, Inc. pada tahun 2006). Maya digunakan dalam industri film dan TV, dan juga untuk permainan video komputer. Maya digunakan dalam pembuatan animasi Upin Ipin. Kelebihan dari program ini adalah proses pembuatan Animasi yang relatif lebih mudah dibandingkan perangkat 3D lainnya.
  • Autodesk 3D Max
Hasil gambar untuk aplikasi autodesk 3d max
Autodesk 3ds Max, sebelumnya 3D Studio, maka 3D Studio Max adalah seorang profesional 3D program grafis komputer untuk membuat 3D animasi, model, game dan gambar. Hal ini dikembangkan dan diproduksi oleh Autodesk Media dan Entertainment. Ia memiliki kemampuan modeling dan fleksibel Plugin arsitektur dan dapat digunakan pada Microsoft Windows platform yang. Hal ini sering digunakan oleh pengembang video game , banyak studio TV komersial dan studio visualisasi arsitektur. Hal ini juga digunakan untuk efek film dan film pra-visualisasi. Untuk pemodelan dan animasi alat, versi terbaru dari 3ds Max juga fitur shader (seperti oklusi ambien dan hamburan bawah permukaan ), simulasi dinamis , sistem partikel , radiosity , peta yang normal penciptaan dan rendering, pencahayaan global , sebuah disesuaikan antarmuka pengguna , ikon baru , dan sendiri bahasa scripting .
  • Blender
Blender 2.75 opening splash screen.png
Blender adalah perangkat lunak sumber terbuka grafika komputer 3D. Perangkat lunak ini digunakan untuk membuat film animasi, efek visual, model cetak 3D, aplikasi 3D interaktif dan permainan video. Blender memiliki beberapa fitur termasuk pemodelan 3D, penteksturan, penyunting gambar bitmap, penulangan, simulasi cairan dan asap, simulasi partikel, animasi, penyunting video, pemahat digital, dan rendering.
  • Cinema 4D
Hasil gambar untuk aplikasi cinema 4d wikipedia indonesia
CINEMA 4D adalah pemodelan 3D, animasi, gerak grafis dan aplikasi render dikembangkan oleh Maxon Komputer GmbH di Jerman . Hal ini mampu prosedural dan poligonal / subd modeling, animasi, pencahayaan, texturing, rendering, dan fitur-fitur umum ditemukan dalam aplikasi 3D modeling.
  • Posser 
Hasil gambar untuk aplikasi poser
Poser adalah program grafis 3D komputer dioptimalkan untuk pemodelan 3D dari sosok manusia. Program ini telah mendapatkan popularitas karena memungkinkan pemula untuk menghasilkan animasi dasar dan gambar digital, dan ketersediaan luas model digital pihak ketiga.

 Berikut adalah software-software yang biasa dugunakan oleh animator untuk membuat animasi, semoga artikel ini bermanfaat ya :)


source :
https://www.downloadsoftwaregratisan.com/2015/05/aplikasi-pembuat-animasi.html
http://www.idseducation.com/articles/software-animasi-3d-yang-banyak-digunakan-animator-profesional/



Tidak ada komentar:

Posting Komentar