Minggu, 12 Maret 2017

Sejarah Animasi




Di minggu kedua ini saya akan membahas tentang sejarah animasi ,animasi memiliki sejarah yang sangat panjang sampai akhirnya animasi dapat merebut hati siapa saja yang menontonnya. Sejarah animasi tidak dimulai hanya dari wilayah barat saja ,tapi juga dari wilayah timur , bahkan dari negara kita sendiri yaitu Republik Indonesia tercinta. Simak selanjutnya ya untuk mengetahui bagaimana alur sejarah animasi ini.

Animasi Zaman Purba

Asal mula teknik film animasi adalah karena keinginan manusia untuk membuat gambar yang hidup dan bergerak sebagai ungkapan ekspresi mereka ,merupakan perwujudan dari bentuk dasar animasi yang hidup berkembang. sebenarnya sejak zaman dulu manusia telah mencoba meng-animasi gerak gambar binatang mereka ,seperti yang ditemukan oleh para ahli purbakala di gua Lascaux Spanyol Utara ,sudah berumur dua ratus ribu tahun lebih mereka mencoba untuk menangkap gerak cepat lari binatang ,seperti celeng ,bison atau kuda ,digambarkannya dengan delapan kaki dalam posisi yang berbeda dan bertumpuk (Hallas and Manvell 1973:23).
Orang Mesir kuno menghidupkan gambar mereka dengan urutan gambar-gambar para pegulat yang sedang bergumul ,sebagai dekorasi dinding. Dibuat sekitar tahun 200 sebelum Masehi (Thomas 1958:8). Lukisan Jepang kuno memperlihatkan suatu alur cerita yang hidup ,dengan menggelarkan gulungan lukisan ,dibuat oada masa Heian (794-1192) (ensiklopedi Americana volume 19 ,1976). Kemudian muncul mainan yang disebut Thaumatrope sekitar abad ke 19 di Eropa ,berupa lembaran cakram karton tebal ,bergambar burung dalam sangkar ,yang kedua sisi kiri kanannnya diikat seutas tali ,bila dipilin dengan tangan akan memberikan santir gambar burung itu bergerak (Laybourne 1978:18).

Animasi Zaman Pra-Modern

Menurut tinjauan sejarah ,animasi zaman pra-modern sudah menujukkan aksinya dengan dibuatnya film -film animasi sederhana oleh para ahli animasi pada zaman itu ,yaitu James Struart Blackton yang merilis film animasi pertama berjudul Humorous Phases of Funny Faces pada tahun 1906. Animasi ini berupa stop motion yang menggunakan kapur tulis dan kamera foto. Disini ia (James) menggambakan dirinya sendiri yang sedang merokok ,seluruh asap rokoknya dibuat dengan efek dari kapur tulis.
Tahun 1924, seorang ilustrator bernama Winsor Mc Cay membuat film animasi yang berjudul Gertie The Dinosaur. Film ini berdurasi lebih panjang dari film-film animasi yang sudah ada sebelumnya. Oleh sebab itu film ini layak di tayangkan di bioskop pada masa itu. Dan karenanya mana Winsor Mc Cay dinobatkan sebagai bapak animasi dunia.
Pada tahun 1928 lahirlah mahakarya dari Walt Disney yang sampai sekarang karyanya masih sangat melekat di masyarakat dunia. Di tahun ini Disney merilis film animasi bersuara pertama yang diberi judul Steambot Willie yang didalamnya menceritakan sosok legendaris yaitu Mickey Mouse. Di tahun berikutnya pada tahun 1929 Disney merilis lagi film animasi berjudul The Skeleton Dance ,di film ini ditampilkan adegan tengkorak menari yang sangat lucu. Tahun 1932 Disney kembali mengeluarkan film animasi dengan judul Flowers & Trees. Dan menariknya, film animasi ini sudah menggunakan teknik pewarnaan. Sehingga lengkaplah sudah semua teknik dasar untuk sebuah film. Yaitu ada suara dan ada warnanya.
Di tahun berikutnya bermunculan studio-studio yang mneyuguhkan film animasi yang bagus dan tentu saja menghibur bagi siapa saja yang menontonnya ,di tahun 1936 ada studio Warner Bros yang melahirkan tokoh Bugs Bunny ,tahun 1970 Hanna-Barbera menampilkan film animasi mereka yang sangat fenomenal yaitu sosok anjing dan grup pemburu hantu yaitu Scooby doo

Animasi Modern

Tahun 1995 adalah tahun gemilang bagi studio Pixar ,karena pada tahun inilah mereka merilis film animasi pertama yang menggunakan CGI (Computer Generated Image) yang berjudul Toy Story ,film ini juga merupakan film animasi 3D pertama didunia. Pada tahun 2001 ada studio Dreamworks yang mengeluarkan film animasi pertamanya yang menggunakan CGI berjudul Shrek ,dari situ bermunculan lebih banyak lagi film animasi 3D yang alur ceritanya mengibur ,bermakna dan juga kecanggihan grafis yang memukau penontonnya seperti beberapa judul ini yang sangat fenomenal yaitu Monsters, Inc. (2001) ,Finding Nemo (2003) ,Up (2009) ,Frozen (2013) ,dan yang terbaru Moana (2016) yang dibuat oleh studio Disney.

Animasi Di Indonesia

Wayang Kulit bisa dibilang merupakan salah satu bentuk animasi tertua di dunia. Bahkan ketika teknologi elektronik dan komputer belum ditemukan ,pertunjukkan wayang kulit telah memenuhi semua elemen animasi seperti layar ,gambar bergerak ,dialog dan ilustrasi musik, memang perkembangan animasi di Indonesia terhitung masih sangat lamban karena terhalang hal-hal seperti ruang promosi bagi para animator Indonesia ,dan juga kurangnya pendidian formal animasi bagi mereka yang berniat untuk menajadi animator. Akan tetapi ada juga kok beberapa film animasi Indonesia yang tak kalah bagusnya dengan film animasi buatan luar negri yaitu Battle of Surabaya (2014) ,Meraih Mimpi (2008) ,Petualangan Si Adi (2013) ,Janus : Prajurit Terakhir (2003). Dan juga ada film animasi berepisode yang tayang di saluran televisi Indonesia yang tak kalah seru juga yaitu Kiko yang diproduksi oleh MNC animation ,Adit Sopo Jarwo yang sekarang tayang di Transtv, dan juga film animasi keluaran studio Dreamtoon yaitu Keluarga Somat yang beberapa kali menggeser rating film negara tetangga yaitu Upin & Ipin yang tayang di televisi Indonesia.

Demikian materi sederhana dari sejarah film animasi yang bisa saya rangkum. Sekian banyak film animasi yang saya sebut , film animasi apakah yang paling kalian suka?


Source :
http://pandunurdin-anime.blogspot.co.id/p/blog-page.html
http://unknown-mboh.blogspot.co.id/2012/10/sejarah-perkembangan-film-animasi.html
http://www.dodyanimation.com/2013/10/10/sejarah-animasi-dunia/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar