Sabtu, 18 Maret 2017

Jenis-Jenis Animasi

Di minggu ketiga ini saya akan membahas tentang jenis-jenis animasi ,materi ini tentu sangat menarik untuk disimak bagi para pecinta animasi. As we know ,animasi adalah kumpulan gambar yang disusun sedemikian rupa dan diatur waktunya dengan kecepatan yang dudah diatur sehingga terjadi pergerakan secara berurut dan menghasilkan suatu tampilan gambar yang dapat bergerak. Dari awal munculnya animasi ,tentu sudah banyak perubahan dan memiliki berbagai macam jenis-jenisnya ,mari kita simak jenis-jenis animasi yang dikelompokkan menjadi 4 kategori besar :

1. Animasi 2 Dimensi   
    Animasi 2 dimensi biasanya identik dengan kartun yang sering kita jumpai di televisi
    Contohnya :
 
2. Animasi 3 Dimensi
   Seiring perkembangan dari jaman ke jaman ,animasi memilik banyak perubahan. 3 dimensi ini adalah perkembangan dari animasi 2 dimensi ,animasi 3 dimensi ini memiliki gambar yang lebih real dan lebih kompleks.
    Contohnya :
3. Animasi Stop Motion
    Nama lain dari animasi stop motion adalah clay motion ,karena animasi ini menggunakan tanah liat sebagai media penggeraknya. Animasi ini memang jarang ditemukan karena membutuhkan biaya pembuatan yang sangat tinggi ,karena yang dipakai sebagai media penggeraknya bukan sembarang tanah liat  ,melainkan menggunakan plasticin (bahan yang lentur seperti permen karet). Bahan ini bisa dibongkar pasang sesuai kebutuhannya ,cara membuat animasi ini tidaklah mudah ,karena pembuat harus memfoto objek di setiap gerakannya lalu semua hasil foto disatukan agar gambar dapat bergerak seperti yang kita tonton di televisi.
     Contohnya :
4. Animasi Jepang (Anime)
   Jepang mempunyai sebutan sendiri untuk karya animasinya ,yaitu anime. Anime mempunya kelebihan ,keunikan dan ciri khas tersendiri karena animasi yang berasal dari Jepang ini berbeda dari animasi yang diciptakan Eropa atau Amerika.
     Contohnya :
 

Dari 4 jenis animasi yang saya sebutkan ,manakah film animasi yang paling kalian suka?


Source :
https://clickyudhaqirana.wordpress.com/2012/03/29/pengertian-dan-jenis-jenis-animasi/
https://mfrlive.wordpress.com/2013/04/02/jenis-jenis-animasi/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar