Pembukaan
Insinyur,
ilmuwan dan teknolog mempengaruhi kualitas hidup untuk semua orang di kelompok
teknologi
masyarakat kita . Oleh karena itu, dalam mengejar profesinya, penting bagi
anggota
IEEE
untuk melakukan pekerjaan mereka secara etis sehingga mereka dapat menghargai
kepercayaan
rekan kerja, pengusaha, klien dan masyarakat. Kode Etik IEEE mewakili standar
perilaku
profesional untuk anggota IEEE dalam melaksanakan tanggung jawab mereka kepada
pengusaha,
klien, masyarakat dan rekan kerja mereka di Institut ini dan masyarakat
profesional
lainnya.
Pasal I Anggota harus mempertahankan standar
ketekunan, kreativitas dan produktivitas
yang
tinggi, dan harus:
1.
Menerima tanggung jawab atas tindakan mereka;
2.
Bersikaplah jujur dan realistis dalam menyatakan klaim atau perkiraan dari
tanggal yang
tersedia;
3.
Melaksanakan tugas teknologis dan menerima tanggung jawab hanya jika memenuhi
syarat
dengan
pelatihan atau pengalaman, atau setelah pengungkapan penuh kepada atasan atau
klien
mereka
terkait kualifikasi;
4.
Pertahankan keterampilan profesional mereka pada level seni, dan kenali
pentingnya acara
terkini
dalam pekerjaan mereka;
5.
Memenuhi mutu dan wibawa profesinya dengan berlatih dengan cara yang
bermartabat dan
mendapat
kompensasi yang memadai.
Pasal II Dalam pekerjaan mereka, anggota harus
:
1.
Perlakukan dengan adil semua kolega dan rekan kerja, terlepas dari ras, agama,
jenis kelamin,
usia
atau asal negara;
2.
Melaporkan, menerbitkan dan menyebarkan informasi secara bebas kepada orang
lain, tunduk
pada
pembatasan hukum dan kepemilikan;
3.
Dorong kolega dan rekan kerja untuk bertindak sesuai dengan Kode Etik ini dan
dukung
mereka
saat mereka melakukannya;
4.
Mencari, menerima dan menawarkan kritik kerja yang jujur, dan menghargai
kontribusi orang
lain;
5.
Mendukung dan berpartisipasi dalam kegiatan masyarakat profesional mereka;
6.
Bantu kolega dan rekan kerja dalam pengembangan profesional mereka.
Pasal III Dalam hubungan mereka dengan atasan dan
klien, anggota harus :
1.
Bertindak sebagai agen atau wali yang setia bagi pemberi kerja atau klien
mereka dalam
urusan
profesional dan bisnis, asalkan tindakan tersebut sesuai dengan bagian lain
dari Kode ini;
2.
Simpan informasi tentang urusan bisnis atau proses teknis dari perusahaan atau
klien secara
rahasia
saat bekerja, dan kemudian, sampai informasi tersebut dilepaskan dengan benar,
asalkan
tindakan
tersebut sesuai dengan bagian lain dari Kode ini;
3.
Menginformasikan kepada atasan, klien, masyarakat profesional atau lembaga
publik atau
lembaga
swasta di mana mereka menjadi anggota atau yang dapat mereka lakukan
presentasi,
tentang
keadaan apa pun yang dapat menyebabkan konflik kepentingan;
4.
Tidak memberi atau menerima, secara langsung atau tidak langsung, hadiah,
pembayaran, atau
layanan
apa pun yang lebih dari nominal uang untuk atau dari mereka yang memiliki
hubungan
bisnis
dengan atasan atau klien mereka;
5.
Bantu dan beri tahu atasan atau klien mereka dalam mengantisipasi kemungkinan
akibat dari
perbuatannya,
langsung dan tidak langsung, langsung atau jauh, dari proyek, pekerjaan atau
rencana
yang mereka ketahui.
Pasal IV Dalam memenuhi tanggung jawab mereka
kepada masyarakat, anggota wajib :
1.
Melindungi keselamatan, kesehatan dan kesejahteraan masyarakat dan berbicara
menentang
pelanggaran
di bidang-bidang yang mempengaruhi kepentingan umum;
2.
Kontribusi saran ahli yang sewajarnya, untuk organisasi masyarakat, amal atau
organisasi
nirlaba
lainnya;
3.
Berusaha untuk memperluas pengetahuan dan apresiasi publik atas profesinya dan
prestasinya.
Disetujui
tanggal 18 Februari 1979, oleh Dewan Direksi Institut Teknik Elektro dan
Elektronika, Inc
Tidak ada komentar:
Posting Komentar