Kamis, 12 Juli 2018

Kode Etik IEEE (1979-1990)



Pembukaan
Insinyur, ilmuwan dan teknolog mempengaruhi kualitas hidup untuk semua orang di kelompok
teknologi masyarakat kita . Oleh karena itu, dalam mengejar profesinya, penting bagi anggota
IEEE untuk melakukan pekerjaan mereka secara etis sehingga mereka dapat menghargai
kepercayaan rekan kerja, pengusaha, klien dan masyarakat. Kode Etik IEEE mewakili standar
perilaku profesional untuk anggota IEEE dalam melaksanakan tanggung jawab mereka kepada
pengusaha, klien, masyarakat dan rekan kerja mereka di Institut ini dan masyarakat profesional
lainnya.
Pasal I             Anggota harus mempertahankan standar ketekunan, kreativitas dan produktivitas
yang tinggi, dan harus:
1. Menerima tanggung jawab atas tindakan mereka;
2. Bersikaplah jujur dan realistis dalam menyatakan klaim atau perkiraan dari tanggal yang
tersedia;
3. Melaksanakan tugas teknologis dan menerima tanggung jawab hanya jika memenuhi syarat
dengan pelatihan atau pengalaman, atau setelah pengungkapan penuh kepada atasan atau klien
mereka terkait kualifikasi;
4. Pertahankan keterampilan profesional mereka pada level seni, dan kenali pentingnya acara
terkini dalam pekerjaan mereka;
5. Memenuhi mutu dan wibawa profesinya dengan berlatih dengan cara yang bermartabat dan
mendapat kompensasi yang memadai.
Pasal II           Dalam pekerjaan mereka, anggota harus :
1. Perlakukan dengan adil semua kolega dan rekan kerja, terlepas dari ras, agama, jenis kelamin,
usia atau asal negara;
2. Melaporkan, menerbitkan dan menyebarkan informasi secara bebas kepada orang lain, tunduk
pada pembatasan hukum dan kepemilikan;
3. Dorong kolega dan rekan kerja untuk bertindak sesuai dengan Kode Etik ini dan dukung
mereka saat mereka melakukannya;
4. Mencari, menerima dan menawarkan kritik kerja yang jujur, dan menghargai kontribusi orang
lain;
5. Mendukung dan berpartisipasi dalam kegiatan masyarakat profesional mereka;
6. Bantu kolega dan rekan kerja dalam pengembangan profesional mereka.
Pasal III          Dalam hubungan mereka dengan atasan dan klien, anggota harus :
1. Bertindak sebagai agen atau wali yang setia bagi pemberi kerja atau klien mereka dalam
urusan profesional dan bisnis, asalkan tindakan tersebut sesuai dengan bagian lain dari Kode ini;
2. Simpan informasi tentang urusan bisnis atau proses teknis dari perusahaan atau klien secara
rahasia saat bekerja, dan kemudian, sampai informasi tersebut dilepaskan dengan benar, asalkan
tindakan tersebut sesuai dengan bagian lain dari Kode ini;
3. Menginformasikan kepada atasan, klien, masyarakat profesional atau lembaga publik atau
lembaga swasta di mana mereka menjadi anggota atau yang dapat mereka lakukan presentasi,
tentang keadaan apa pun yang dapat menyebabkan konflik kepentingan;
4. Tidak memberi atau menerima, secara langsung atau tidak langsung, hadiah, pembayaran, atau
layanan apa pun yang lebih dari nominal uang untuk atau dari mereka yang memiliki hubungan
bisnis dengan atasan atau klien mereka;
5. Bantu dan beri tahu atasan atau klien mereka dalam mengantisipasi kemungkinan akibat dari
perbuatannya, langsung dan tidak langsung, langsung atau jauh, dari proyek, pekerjaan atau
rencana yang mereka ketahui.
Pasal IV          Dalam memenuhi tanggung jawab mereka kepada masyarakat, anggota wajib :
1. Melindungi keselamatan, kesehatan dan kesejahteraan masyarakat dan berbicara menentang
pelanggaran di bidang-bidang yang mempengaruhi kepentingan umum;
2. Kontribusi saran ahli yang sewajarnya, untuk organisasi masyarakat, amal atau organisasi
nirlaba lainnya;
3. Berusaha untuk memperluas pengetahuan dan apresiasi publik atas profesinya dan prestasinya.

Disetujui tanggal 18 Februari 1979, oleh Dewan Direksi Institut Teknik Elektro dan Elektronika, Inc

Tidak ada komentar:

Posting Komentar